Lavrov: Semoga Perdamaian Kembali Menaungi Ukraina

Jum'at, 16 Januari 2015 - 18:19 WIB
Lavrov: Semoga Perdamaian...
Lavrov: Semoga Perdamaian Kembali Menaungi Ukraina
A A A
MOSKOW - Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov memiliki harapan besar bahwa kedamaian akan kembali ke tanah Ukraina. Harapan ini datang di tengah semakin dekatnya pertemuan antara pewakilan Ukraina, Rusia, Separatis di bawah naungan OSCE yang disebut kelompok kontak, untuk membahas penyelesaikan konflik di Ukraina.

"Saya berharap pertemuan itu akan membuahkan hasil menggembirakan, dan gencatan senjata akan kembali dihidupkan. Tujuan gencatan ini hanya satu, mempermudah proses negosiasi damai di Ukraina," ucap diplomat senior Rusia tersebut, seperti dilansir Itar-tass, Jumat (16/1/2015).

Gencatan senjata di Ukraina sendiri saat ini sudah berada pada titik nadir, dimana pertemuan kembali pecah di beberapa wilayah Ukraina timur. Hal ini diperburuk dengan rencana Kiev untuk kembali menambah jumlah pasukan mereka di Ukraina timur untuk melawan kaum separatis.

Lavrov menegaskan, kebijakan militer tidak akan membuahkan hasil apapun dan justru akan membuat situasi di Ukraina timur semakin memburuk. "Rencana Kiev untuk kembali mengirimkan pasukan benar-benar tidak mendukung apa yang akan dicapai dalam pertemuan kelompok kontak, atau pertemuan-pertemuan lainnya," pungkasnya.

Dirinya merujuk pada pertemuan antara para pemimpin dari Jerman, Ukraina, Prancis dan Rusia. Dalam pandangannya, pertemuan antara pemimpin Eropa itu tidak akan berguna jika Kiev masih mempraktikan kebijakan militer untuk menyelesaikan konflik.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0621 seconds (0.1#10.140)