13 Jenazah WNI Korban Kapal Oryong Tiba di Tanah Air

Jum'at, 09 Januari 2015 - 10:23 WIB
13 Jenazah WNI Korban...
13 Jenazah WNI Korban Kapal Oryong Tiba di Tanah Air
A A A
JAKARTA - Sebanyak 13 jenazah warga negara Indonesia (WNI) korban kapal Oryong 501 akhirnya tiba di Tanah Air pada Jumat (9/1/2015). Ke-13 jenazah itu diterbangkan langsung dari Busan, Korea Selatan (Korsel) menggunakan pesawat Korean Air.

Kedatangan para jenazah disambut langsung oleh Menteri Luar Negeri Indoensia, Retno Marsudi, Ketua BNP2TKI, Nusron Wahid, Duta Besar Korsel untuk Indonesia, Cho Tai-Young, serta perwakilan pemerintah daerah asal para jenazah, yakni Jawa barat, Jawa Tengah, Maluku, Sulawesi Utara dan Selatan.

Dalam sambuatnnya, Menteri Retno menyampaikan rasa duka yang mendalam kepada seluruh keluarga korban. Dia juga turut mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Korsel dan Rusia atas bantuannnya dalam mencari dan mengevakuasi para jenazah korban.

“Saya berterima kasih kepada pemerintah Korsel dan pemerintah Rusia untuk proses evakuasi yang mereka lakukan dan juga proses pemulangan ke-13 jenazah anak buah kapal (ABK) ini,” katanya.

Dia menambahkan bahwa, setidaknya terdapat tiga ABK asal Indonesia lainnya yang akan diterbangkan dari Busan ke Indonesia pada hari ini. “Tiga jenazah lainnya akan tiba malam nanti,” ucapnya.

Hingga saat ini sudah 19 WNI dari total 35 ABK asal Indonesia di kapal tersebut yang ditemukan. Dari jumlah itu, tiga WNI selamat dan 16 lainnya meninggal.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0786 seconds (0.1#10.140)