Kemlu: AS dan Australia Bukan Keluarkan Peringatan, Tapi Himbauan

Kamis, 08 Januari 2015 - 16:02 WIB
Kemlu: AS dan Australia Bukan Keluarkan Peringatan, Tapi Himbauan
Kemlu: AS dan Australia Bukan Keluarkan Peringatan, Tapi Himbauan
A A A
JAKARTA - Kementerian Luar Negeri Indonesia (Kemlu) kembali menegsakan, bahwa apa yang disampaikan pihak Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS), dan juga Australia adalah himbauan, dan bukan peringatan.

Penegasan ini disampaikan karena banyak pihak yang masih salah mengartikan apa yang disampaikan oleh kedua Kedutaan tersebut. Banyak pihak yang menganggap apa yang dikeluarkan kedua Kedutaan adalah peringatan dan bukan himbauan.

“Itu travel advise, kalau travel warning itu mengatakan jangan ke sana. Itu tingakatannya lebih tinggi, kalau masih-masih hati-hati, itu advice,” ungkap juru bicara Kemlu, Arrmanantha Nassir, pada Kamis (8/1/2014).

Menurutnya, Indonesia juga kerap memberikan himbauan semacam itu bagi warga negara Indoensia yang sedang berada di luar negeri. Pada saat konflik di Bangkok, atau kejadian di Australia, pemerintah Indonesia turut menyampaikan himbauan kepada WNI di wilayah itu untuk menghindari beberapa tempat.

Dalam insiden di Paris yang berlangsung semalam pun, menurut pria yang disapa Tatha itu, Indonesia melalui perwakilan di Paris langsung menyampaikan himbauan untuk menghindari beberapa tempat demi keselamatan WNI di sana.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4427 seconds (0.1#10.140)