Israel: Gabung ICC, Palestina Bisa Buka Aib Sendiri

Kamis, 01 Januari 2015 - 18:49 WIB
Israel: Gabung ICC, Palestina Bisa Buka Aib Sendiri
Israel: Gabung ICC, Palestina Bisa Buka Aib Sendiri
A A A
YARUSALEM - Palestina akhirnya resmi mengajukan diri sebagai anggota tetap Mahkamah Pidana Internasional (ICC). Langkah yang diambil Palestina ini, dinilai Israel bisa menjadi bumerang bagi negara tersebut,

Melansir Maan News, Kamis (1/1/2014), Israel menyatakan dengan bergabung dengan ICC, bukan hanya dugaan kejahatan yang dilakukan oleh Israel yang akan diselidiki. Namun, dugaan kejahatan yang dilakukan oleh Palestina juga akan diselidiki.

"Orang-orang Palestina akan turut diselidiki oleh pengadilan (ICC), penyelidikan yang akan menunjukkan kepada dunia sifat terorisme Palestina dan kejahatan perang yang dilakukan atas nama Otoritas Palestina," ungkap juru bicara kementerian luar negeri Israel, Emmanuel Nahason.

Palestina sendiri resmi mengajukan diri sebagai anggota tetap ICC setelah Presiden Mahmoud Abbas menandatangai statua Roma, yang merupakan salah satu syarat untuk menjadi organisasi yang berbasis di Den Haag, Belanda itu.

Abbas berharap, bergabungnya Palestina dengan ICC akan membuka jalan untuk dimulainya penyelidikan terhadap kejahatan yang dilakukan para pejabat Israel di wilayah-wilayah yang mereka duduki.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7720 seconds (0.1#10.140)