Jepang Dukung Indonesia Jadi Poros Maritim Dunia

Rabu, 10 Desember 2014 - 14:46 WIB
Jepang Dukung Indonesia Jadi Poros Maritim Dunia
Jepang Dukung Indonesia Jadi Poros Maritim Dunia
A A A
JAKARTA - Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Yasuaki Tanizaki, mengatakan, Jepang akan mendukung Indonesia menjadi poros maritim dunia.

Hal itu disampaikan dalam pidato sambutan perayaan hari ulang tahun Kaisar Jepang pada Selasa (9/12/2014), malam di Jakarta.

Dukungan tersebut, menurut Tanazaki, disampaikan langsung oleh Perdana Menteri Shinzo Abe saat melakukan pertemuan dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di forum APEC bulan lalu.

"Perdana Menteri Abe menyampaikan keingingannya untuk bekerjasama dengan erat dengan Presiden Jokowi guna memberikan sumbangsih bagi perdamaian dan kesejahteraan di wilayah ini (ASEAN) selaku negara maritim seperti halnya Indonesia," ucap Tanizaki.

"Perdana Menteri turut menyampaikan dukungan kepada Presiden Joko Widodo yang bersikap proaktif dalam menangani berbagai masalam maritim," imbuh dia.

Tanizaki menyatakan, Indonesia dan Jepang akan melakukan kerjasama dalam berbagai bidang kemaritim, seperti pembangunan pelabuhan, dan juga peningkatan keamanan dan keselamatan maritim. "Sebuah langkah kerjasama lebih lanjut sudah diambil," ujarnya.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7005 seconds (0.1#10.140)