Diintai Topan Hagupit, Setengah Juta Rakyat Filipina Lari

Sabtu, 06 Desember 2014 - 13:56 WIB
Diintai Topan Hagupit, Setengah Juta Rakyat Filipina Lari
Diintai Topan Hagupit, Setengah Juta Rakyat Filipina Lari
A A A
MANILA - Lebih dari setengah juta rakyat di Filipina lari meninggalkan rumahnya untuk menghindari amukan Topan Hagupit, salah satu topan terkuat di dunia.

Mereka yang lari meninggalkan rumah dievakuasi pemerintah Filipina. Topan Hagupit mengintai sejumlah wilayah provinsi yang hancur 13 bulan lalu akibat diterjang Topan Haiyan yang menelan banyak korban jiwa.

Topan Hagupit pada Sabtu (6/12/2014) mendekati wilayah pantai yang berjarak 230km dari Borongan, di Provinsi Samar. Demikian keterangan biro cuaca setempat.

Kecepatan angin dari Topan Hagupit mencapai 195 kilometer per jam, dan diprediksi akan menerjang wilayah utara dan timur Provinsi Samar pada hari Minggu besok.

Lebih dari 616.000 warga desa di dataran rendah dan daerah rawan longsor telah melarikan diri ke sekolah, pusat-pusat layanan masyarakat, balai kota, pusat kebugaran, dan gereja-gereja.

”Kami meminta warga untuk secara sukarela mengungsi karena ramalan cuaca menyatakan akan ada gelombang badai,” kata Sofronio Dacillo, Kepala Badan bencana di Provinsi Biliran di Filipina tengah, seperti dikutip Reuters.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6982 seconds (0.1#10.140)