Sebanyak 50 Ribu Tentara Hantu Rugikan Irak

Senin, 01 Desember 2014 - 10:56 WIB
Sebanyak 50 Ribu Tentara Hantu Rugikan Irak
Sebanyak 50 Ribu Tentara Hantu Rugikan Irak
A A A
BAGHDAD - Perdana Menteri (PM) Irak, Haidar al-Abadi, menyatakan ada sekitar 50 ribu “tentara hantu” atau tentara fiktif yang membuat Irak mengalami kerugian finansial.

Abadi bersumpah untukk memperluas penindakan terhadap praktik korupsi, termasuk di tubuh militer Irak.

”Dalam hal reformasi dalam pembentukan militer, Perdana Menteri Haidar al-Abadi menemukan adanya 50 ribu (tentara) fiktif dalam empat unit militer,” bunyi pernyataan yang dirilis kantor Perdana Menteri Haidar al-Abadi.

Abadi juga membantah adanyya kehadiran pasukan asing di wilayah Irak, kecuali untuk melatih pasukan Irak. ”Selama beberapa minggu terakhir, PM telah menindak untuk mengungkap para ‘tentara hantu’ sampai ke akar masalahnya,” kata juru bicara Abadi, Rafid Jaboori, seperti dikutip Al Arabiya, semalam.

Terungkapnya 50 ribu tentara fiktif di Irak itu bermula dari ketidakberesan pengeluaran untuk gaji tentara Irak. Banyak dari nama tentara Irak yang masuk daftar sebagai penerima gaji ternyata tidak ditemukan sosoknya.

Namun, puluhan ribu tentara fiktif itu diduga mereka yang tewas dalam perang atau pun membelot, namun tidak diumumkan nama-namanya. Abadi sendiri sejak menjabat pada bulan September 2014, telah memecat atau mempensiunkan beberapa komandan dan tentara Irak.

”Haidar al-Abadi menekankan integritas, efisiensi dan keberanian sebagai kriteria untuk menunjuk pimpinan militer baru,” lanjut Jaboori.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5684 seconds (0.1#10.140)