Turki Siap Latih Pasukan Kurdi

Sabtu, 22 November 2014 - 21:33 WIB
Turki Siap Latih Pasukan...
Turki Siap Latih Pasukan Kurdi
A A A
ANKARA - Turki akhirnya memutuskan untuk berbuat lebih banyak dalam melakukan perlawanan terhadap ISIS. Bukan dengan mengirimkan senjata atau pasukan ke Irak atau Suriah, Turki lebih memilih untuk memberikan pelatihan militer kepada pasukan Kurdi, atau yang disebuh Peshemerga.

Melansir Reuters, Sabtu (22/11/2014), Turki dikabarkan akan segera mengirimkan penasihat militer mereka untuk memberikan pelatihan kepada Peshmerga Irak. Seorang pejabat senior Turki menyatakan, pelatihan itu sendiri sudah berlangsung beberapa waktu lalu.

Selain melatih Peshemerga, pejabat itu menyatakan, Turki juga akan turut memberikan pelatihan kepada pasukan khusus Irak. “Militer Turki telah mengirimkan penasihatnya ke wilayah Kurdi, di Irak utara untuk melatih Peshmerrga. Hal serupa juga akan dilakukan terhadap pasukan khusus Irak yang baru dibentuk,” ucap pejabat tersebut.

Kepastian pelatihan yang dilakukan oleh Turki terhadap Peshmerga sendiri mendapat konfirmasi dari Juru bicara Peshmerga Brigadir Jenderal Halgurd Hikmat. “Pelatihan tersebut sudah berlangsung semenjak tiga pekan lalu,” ucap Hikmat.

Hikmat menyatakan, pelatihan itu berlangsung di markas militer Kurdi di Irak utara sebagai bagian dari upaya perlawanan terhadap ISIS. Namun, dirinya enggan memberikan jumlah personel Peshmerga dan penasihat Turki yang terlibat dalam pelatihan ini.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0123 seconds (0.1#10.140)