Morales Kembali Terpilih Sebagai Presiden Bolivia

Senin, 13 Oktober 2014 - 11:51 WIB
Morales Kembali Terpilih Sebagai Presiden Bolivia
Morales Kembali Terpilih Sebagai Presiden Bolivia
A A A
LA PAZ - Perhitungan suara di pemilihan umum Bolivia akhirnya menunjukan hasil, Presiden Bolivia saat ini, Evo Morales kembali terpilih untuk memimpin negara tersebut. Ini merupakan kali ketiga secara beruntun Morales terpilih sebagai Presiden Bolivia.

“Presiden Bolivia Evo Morales terpilih untuk masa jabatan ketiga. Dirinya menang dengan lebih dari 60 persen suara. Hal ini menghindari pemilihan putaran kedua, dimana Morales akan kembali bertemu dengan pihak oposisi,” ungkap otoritas pemilihan setempat.

Melansir Channel News Asia, Senin (13/10/2014), Morales yang mulai menjabat sebagai presiden untuk pertama kali pada tahun 2004, merupakan presiden pribumi pertama di Bolivia. Walaupun ini bukanlah hasil resmi, namun banyak pihak berpendapat hasil resminya tidak akan berbeda jauh dengan hasil sementara ini.

Rencananya, otoritas setempat akan mengumumkan hasil resmi pemilu di Bolilvia pada Senin malam waktu setempat, atau dini hari waktu Indonesia barat. Bila sudah resmi, Morales akan kembali menjabat sebagai Presiden Bolivia hingga tahun 2020, setelah Mahkamah Agung Bolivia menyatakan perpanjangan masa jabatan Presiden selama enam tahun, yang semula lima tahun.

Morales menjadi idola masyarakat Bolivia setelah dirinya dengan gigih memperjuangkan hak-hak para petani coklat di Bolivia. Perubahan yang dibawa Morales mulai terlihat pada tahun 2006, atau dua tahun setelah dirinya menjabat sebagai Presiden untuk pertama kali.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5072 seconds (0.1#10.140)