Wamenlu Sebut India Menjelma Jadi Negara Maju

Jum'at, 03 Oktober 2014 - 15:34 WIB
Wamenlu Sebut India Menjelma Jadi Negara Maju
Wamenlu Sebut India Menjelma Jadi Negara Maju
A A A
JAKARTA - Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu) Indonesia, Dino Pati Djalal, menyebut, India saat ini sudah menjelma menjadi negara maju dalam hal teknologi.

Dino juga kagum dengan India yang masih kuat unsur budaya dan industri kreatifnya. Pujian Wakil Menteri Marty Natalegawa itu disampaikan pada Jumat (3/10/2014), saat pidato seminar hubungan Indonesia dan India, bertajuk “Getting Indonesia Right” di kompleks Kementerian Luar Negeri Indonesia, di Jakarta.

"India bukan saja indah dari sisi budaya, melainkan sudah mulai berkembang sebagai negara yang maju dalam bidang teknologi,” kata Dino.

India adalah salah satu negara terbaru yang mulai mengembangkan misi ke Mars. Mereka juga tengah mengembangkan diri dalam hal industri teknologi militer.

Hubungan Indonesia dan India sejatinya sudah terjalin selama beberapa dekade. Namun menurut Dino, penetrasi para pengusaha Indonesia tidaklah terlalu besar ke negara tersebut. "Para pengusaha Indonesia tidak terlalu mengkplorasi India, berbeda dengan pengusaha India yang telah mengekplorasi Indonesia,” kata Dino.

”Kita harus mencari jalan keluar atau solusi mengenai hal ini,” imbuh dia. Dino juga menyebut budaya India sudah sangat terkenal dan digemari di Indonesia dengan banyaknya warga Indonesia yang menyukai serial-serial Bolywood.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4630 seconds (0.1#10.140)