Korut Ubah Pesawat Mini Jadi Jet Pembom Siluman

Selasa, 30 September 2014 - 10:51 WIB
Korut Ubah Pesawat Mini Jadi Jet Pembom Siluman
Korut Ubah Pesawat Mini Jadi Jet Pembom Siluman
A A A
PYONGYANG - Tanpa disangka, rezim pemerintah Korea Utara (Korut) sedang mengubah berbagai pesawat kecil menjadi pesawat jet pembom siluman. Pengubahan itu atas instruksi pemimpin Korut, Kim Jong-un.

Korut memiliki ratusan pesawat mini dan helikopter buatan Uni Soviet yang tidak terpakai. Dengan demikian muncul ide dari rezim Kim Jong-un untuk mengubah pesawat-pesawat mini tipe MiG itu menjadi pesawat jet pembom siluman berbahan kayu dan kanvas.

Namun, ide Jong-un itu terlalu gegabah. Rencana besar yang menghabiskan banyak waktu itu tanpa dipikirkan potensi kecelakaan, krisis bahan bakar hingga kurangnya suku cadang.

Cara instan pun ditempuh. Militer Korut memerintahkan pengupasan logam bagian bawah pesawat mini Antonov, yang selama ini digunakan untuk menyiram tanaman di Eropa. Setelah dikupas, pesawat mini itu tetap diubah menjadi pesawat jet pembom siluman yang diklaim mampu menghindari pantauan radar.

Misi pembuatan pesawat jet pembom siluman itu untuk mengurangi potensi kekuatan militer Korut terpantau militer Korea Selatan (Korsel) jika sewaktu-waktu perang kedua negara pecah.

Analis Pertahanan, John G Grisafi, mengatakan misi hebat rezim Kim Jong-un itu berat dilaksanakan.”Tentara Angkatan Udara Korut sangat terbebani dengan kurangnya bahan bakar dan suku cadang. Kondisi itu mempengaruhi keterampilan pilot,” ujarnya, seperti dikutip Mirror, Selasa (30/9/2014).

“Namun, bagaimanapun ada setidaknya satu jenis pesawat yang masuk pengecualian, yakni pesawat An-2,” lanjut dia. ”Kayu dan kanvas memiliki sifat yang ringan, dan membuat kemungkinan tidak terpantau radar secara baik,” imbuh dia.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6028 seconds (0.1#10.140)