Rusia Dukung Status Non-Blok Ukraina

Jum'at, 26 September 2014 - 20:04 WIB
Rusia Dukung Status Non-Blok Ukraina
Rusia Dukung Status Non-Blok Ukraina
A A A
MOSKOW - Rencana Ukraina untuk membatalkan status mereka sebagai negara non-blok disesali pemerintah Rusia. Negeri Beruang Merah itu menyatakan, bila Ukraina tetap mempertahankan posisinya saat ini, maka Rusia akan terus mendukung tetangganya tersebut.

“Rusia akan terus mendukung Status non blok Ukraina,” ungkap pembantu presiden Rusia Yuri Ushakov. Melansir Itar-tas, Jumat (25/9/2014), Parlemen Ukraina akan mulai membahas mengenai hal ini saat mereka melakukan pertemuan pada 14 Oktober mendatang.

Menteri Luar Negeri Rusia, Sergey Lavrov sebelumnya mengatakan, upaya untuk terus mempertahanakan status non blok oleh Ukraina adalah masalah prinsip untuk Rusia. “Kami yakin, bahwa pilihan untuk tetap mempertahankan situasi itu telah memenuhi kepentingan rakyat Ukraina,” ucap Lavrov.

“Bukan hanya untuk kepentingan Ukraina, melainkan juga untuk kepentingan negara tetangga, dan mitra-mitra Ukraina. Salah satu hal yang tidak kalah penting adalah untuk kepentingan keamanan Eropa,” Lavrov menambahkan.

Lavrov juga menyatakan, posisi Ukraina sebagai negara non blok mendapat dukungan dari Barat. “Kami mendapat pesan dari mitra kami di Barat, bahwa mereka menyadari pentingnya Ukraina tetap mempertahankan posisi mereka sebagai negara non blok, untuk menjaga stablitas keamanan di kawasan Eropa-Atlantik,” ungkapnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6673 seconds (0.1#10.140)