ISIS Kembali Hancurkan Situs Suci di Irak

Kamis, 25 September 2014 - 16:22 WIB
ISIS Kembali Hancurkan Situs Suci di Irak
ISIS Kembali Hancurkan Situs Suci di Irak
A A A
TIRKIT - ISIS dikabarkan kembali melakukan aksi perusakan dan penghancuran terhadap situs-situs suci di wilayah Irak. Kali ini kelompok radikal itu menghancurkan kuil Arbaeen Wali, yang berada di kota Tirkit, Irak utara.

Melansir Al Arabiya, Kamis (25/9/2014), ISIS membom kuil yang menjadi makam bagi 40 orang pendiri Tirkit yang tewas pada tahun 637 Masehi. Kuil ini terletak di jalan yang menghubungkan Tikrit dengan Mosul dan Baghdad.

Seorang akademisi di Tikrit, yang berbicara dengan syarat anonim, mengatakan, kuil ini dibangun ketika arsitektur Islam sedang dalam masa kejayaanya. "Itu adalah sekolah Islam, seperti al-Mustansariya di Baghdad, al-Mamilya di Kairo dan Sabina di Asia Tengah," katanya.

Kuilr Arbaeen merupakan tempat suci keempat yang dihancurkan ISIS semenjak mereka menduduki kota-kota penting di Irak utara. Sebelumnya, mereka juga telah menghancurkan makam Nabi Yunus dan Nabi Sheth di Irak utara.

Selain kedua makam itu, pekan lalu ISIS juga menghancurkan Benteng Saladin di wilayah yang sama. Benteng itu merupakan salah satu landmark di Irak, di mana benteng itu dibangun untuk menghormati pemimpin Saladin, tokoh Irak yang memerdekakan Yarusalem, hampir seribu tahun yang lalu.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5263 seconds (0.1#10.140)