UE Siap Kerja Sama dengan Rusia

Selasa, 09 September 2014 - 15:35 WIB
UE Siap Kerja Sama dengan Rusia
UE Siap Kerja Sama dengan Rusia
A A A
BRUSSELS - Uni Eropa (UE) sepertinya mulai menurunkan ego terkait penyelesaian krisis di Ukraina. UE dikabarkan mulai mempertimbangkan untuk bekerjasama dengan pemerintah Rusia guna menyelesaikan konflik di Ukraina.

Melansir Itar-tas, Selasa (9/9/2014), Presiden Komisi Eropa Jose Manuel Barroso menyebut tindakan ini perlu dilakukan untuk menghindari terjadinya perang dingin kedua. “Perang dingin di Eropa tampaknya bukanlah keinginan seluruh negara di Eropa,” ucap Baroso.

Banyak pihak memang berasumsi konflik yang terjadi di Ukraiana bisa menjadi pemicu perang dingin baru antara Barat dan Rusia. Kedua pihak itu selalu berbenturan mengenai konflik di negara pecahan Soviet tersebut.

Baroso juga menyatakan alasan lain bekerjasama dengan Rusia bukan hanya mengenai penyelesaian konflik di Ukraina, namun UE juga membutuhkan Rusia untuk bisa menanggulangi ancaman ISIS terhadap Benua Biru itu.

Tetapi, Baroso menegaskan terkait sanksi yang dijatuhkan kepada Rusia, tampaknya tidak akan ditarik. ''Bagi UE, sanksi kepada Rusia tetap akan dijatuhkan, walaupun kami akan melakukan dialog dan bekerjasama dengan negara tersebut,”ungkapnya.
(aww)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7174 seconds (0.1#10.140)