Blokade di Gaza Belum Berakhir

Rabu, 03 September 2014 - 19:51 WIB
Blokade di Gaza Belum Berakhir
Blokade di Gaza Belum Berakhir
A A A
GAZA - Sepekan berlalu paska disetujuinya gencatan senjata antara Palestina dan Israel belum muncul tanda-tanda blokade di Gaza akan segera berakhir. Padahal, salah satu isi kesepakatan adalah penghentian blokade di Gaza yang sudah berlangsung selama tujuh tahun.

“Baik di Erez ataupun di Kerem Shalom hingga saat ini belum ada perubahan berarti, orang-orang masih sulit untuk keluar masuk Gaza, dan bantuan pun masih sangat sulit karena penjagaan masih tetap seperti sebelumnya,” ucap Maria Jose Torres, wakil kepala badan PBB untuk kemanusiaan cabang wilayah Palestina. Seperti dilansir Maan News, Rabu (3/9/2014)

Torres mendesak implementasi nyata dari Israel terkait isi perjanjian yang menghentikan pertumpahan darah di Gaza tersebut. Dirinya menuntut kejelasan dari pihak Israel mengenai mengapa hingga saat ini blokade di Gaza masih berlaku.

"Kami mengharapkan perjanjian gencatan senjata akan memiliki semacan efek perlahan kepada Israel untuk menghentikan blokade, tapi sejauh ini kita tidak melihatnya Mungkin ada sesuatu yang kita tidak sadari," Torres menambahkan.

Wael Abu Omar, juru bicara pemerintah Gaza yang berada di wilayah perbatasan Kerem Shalom, turut mengatakan harapan serupa. Dirinya mengatakan para pejabat setempat mengharapkan Israel segera mengurangi penjagaan di wilayah pembatasan dan mempermudah masuknya bantuan ke Gaza.

"Jujur, hingga saat ini kamu terus dan harus menunggu untuk melihat dalam beberapa hari ke depan akankah ada perubahan. Kami menunggu apa yang telah dijanjikan oleh Israel, tetapi sampai sekarang tidak ada yang berubah," ucap Omar.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3281 seconds (0.1#10.140)