PutinPoroshenko Sepakati Gencatan Senjata

Rabu, 03 September 2014 - 17:07 WIB
PutinPoroshenko Sepakati Gencatan Senjata
PutinPoroshenko Sepakati Gencatan Senjata
A A A
KIEV - Pertempuran panjang yang melanda Ukraina timur antara separatis pro-Rusia dengan pasukan Ukraina nampaknya akan segera berakhir. Hal ini dikarenakan muncul kabar bahwa pemimpin Rusia dan Ukraina telah menemui kata sepakat dalam hal gencatan senjata di wilayah tersebut.

Melansir Channel News Asia, Rabu (3/9/2014), Presiden Rusia, Vladimir Putin dan Presiden Ukraina, Petro Poroshenko menyatakan sepakat untuk mengadakan gencatan di timur Ukraina. Gencatan senjata ini diharapkan bisa membuka pintu dialog antara separatis dan pemerintah Ukraina.

Presiden Poroshenko dan Putin telah sepakat untuk melangsungkan gencatan senjata permanen guna mengakhiri pertempuran yang melanda wilayah timur Ukraiana,” ucap kantor kepresidenan Ukraina melalui sebuah pernyataan.

Kesepakatan itu dicapai saat kedua pemimpin tersebut melakukan pembicaraan melalui sambungan telepon siang tadi. “Putin dan Poroshenko mengadakan pembicaraan tersebut melalui sambungan telepon, yang menghasilkan kesepakatan untuk gencatan senjata permanen di Donbass (timur Ukraina)," pernyataan tersebut menambahkan.

Konflik yang terjadi di Ukraina pecah semenjak era kepemimpinan Viktor Yanukovich yang berlanjut hingga era Petro Poroshenko. Kesepakatan ini adalah langkah maju yang dicapai oleh kedua belah pihak yang diharapkan dapat memunculkan solusi atas konflik yang terjadi di wilayah tersebut.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5419 seconds (0.1#10.140)