UNICEF: 469 Anak di Gaza Tewas akibat Invasi Israel

Jum'at, 22 Agustus 2014 - 15:39 WIB
UNICEF: 469 Anak di Gaza Tewas akibat Invasi Israel
UNICEF: 469 Anak di Gaza Tewas akibat Invasi Israel
A A A
NEW YORK - UNICEF atau Badan PBB untuk Urusan Anak menyatakan sebanyak 469 anak telah tewas di Gaza akibat invasi Israel. Selain itu, lebih dari 370 ribu anak di Gaza butuh pertolongan psikologis tahap awal.

Yang terbaru, sembilan anak tewas terbaru akibat invasi Israel di Gaza sejak Rabu lalu. Demikian keterangan Kepala UNICEF di Gaza, Pernilla Ironside, yang memberikan keterangan pers di New York, Amerika Serikat.

”Tidak ada satu keluarga di Gaza (yang anggotanya) belum mengalami kematian, cedera, kehilangan rumah mereka,” ujar Ironside, seperti dikutip Russia Today, Jumat (22/8/2014). (Baca: Gaza Dirudal Israel, 4 Tewas Termasuk Anak 14 Tahun)

Dia menekankan bahwa sekitar 373 ribu anak Palestina di Gaza butuh pertolongan yang mendesak. ”Pertolongan psikososial pertama,” lanjut dia, yang menambahkan, bahwa UNICEF hanya memiliki 50 psikolog dan konselor di Gaza.

Para ahli mereka hanya mampu menangani 3 ribu anak. ”Dampaknya benar-benar telah luas, termasuk pada tingkat fisik, korban jiwa, korban luka, kerusakan infrastruktur. Dan yang penting juga soal kondisi emosional dan psikologis anak akibat destabilisasi yang tak tentu. Mereka benar-benar merasa tidak ada tempat aman di rumah mereka, di Gaza,” imbuh Ironside.

“Yang mereka inginkan adalah rasa aman. Mereka pada dasarnya hanya ingin (perang) berhenti,” lanjut dia. UNICEF memperkirakan bahwa sedikitnya 219 sekolah telah rusak oleh serangan udara Israel, sementara 22 lainnya hancur total.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6193 seconds (0.1#10.140)