ISIS Rebut Kota Kristen Terbesar di Irak

Kamis, 07 Agustus 2014 - 17:28 WIB
ISIS Rebut Kota Kristen Terbesar di Irak
ISIS Rebut Kota Kristen Terbesar di Irak
A A A
BAGHDAD - Warga Kristen di Irak semakin terpinggirkan setelah militan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) berhasil merebut kota Kristen terbesar di Irak. ISIS berhasil merebut kota Qaraqosh, tak lama setelah pasukan Kurdi menarik diri dari kota tersebut.

Melansir Al Arabiya, Kamis (7/8/2014), tidak ada korban dalam upaya perbutan kota tersebut. Hal ini dikarenakan warga kota Qaraqosh dikabarkan sudah meninggalkan kota sebelum ISIS menyambangi Qaraqosh.

Beberapa warga Kristen Irak menegaskan, bahwa seluruh daerah di Irak utara, rumah bagi sebagian besar komunitas Kristen di negara itu, telah jatuh ke tangan ISIS.

Uskup agung Kasdim Kirkuk dan Sulaimaniyah, Joseph Thomas menyatakan beberapa kota Kristen di Irak memang sudah dikuasi militan.

"Kota Qaraqosh, Tal kayf, Bartella dan Karamlesh saat ini sudah berada di bawah kendali militan, Namun, satu hal yang baru saya tahu kota-kota tersebut sudah ditinggalkan warganya sebelum ISIS datang," ungkap Thomas.

ISIS sendiri memang sangat keras terhadap warga Kristen di Irak. Sebelumnya kelompok militan itu telah mengancam warga Kristen di Irak untuk segera meninggalkan rumah mereka dan keluar dari Irak. Hukuman yang dijatuhkan ISIS bila warga Kristen menolak mengungsi adalah hukuman denda atau hukuman mati.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5951 seconds (0.1#10.140)