Abu Qatada Sebut Khalifah Islam Bualan ISIS

Rabu, 16 Juli 2014 - 11:44 WIB
Abu Qatada Sebut Khalifah Islam Bualan ISIS
Abu Qatada Sebut Khalifah Islam Bualan ISIS
A A A
AMMAN - Abu Qatada, ulama radikal yang diadili atas tuduhan teror di Yordania, mengecam aksi kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) yang memproklamirkan kekhalifahan Islam.

Qatada menganggap ISIS yang kini berganti nama menjadi Negara Islam telah membual dengan menunjuk pemimpin mereka sebagai khalifah Islam sedunia.

”Pengumuman khilafah oleh Negara Islam (IS) adalah batal, dan tidak berarti. Karena tidak disetujui oleh jihadis di belahan dunia lainnya,” tulis Qatada dalam dokumen setebal 21 halaman yang diterbitkan di situs jihad, seperti dikutip Al Arabiya, Rabu (16/7/2014) .

Negara Islam pada 29 Juni 2014 lalu memproklamirkan pemimpin mereka, yakni Abu Bakr al-Baghdadi sebagai khalifah Islam sedunia. Dia kemudian berjuluk Khalifah Ibrahim.

”Kelompok ini tidak memiliki wewenang untuk memerintah seluruh umat Islam dan deklarasi mereka tak berlaku untuk seorang pun kecuali untuk diri mereka sendiri,” ucap Qatada.

“Ancaman untuk membunuh lawan, meminggirkan kelompok lain dan cara kekerasan untuk melawan pertempuran merupakan dosa besar, yang mencerminkan realitas kelompok itu,” lanjut pengkhotbah kelahiran Palestina itu.

Abu Qatada, telah berulang kali mengkritik Negara Islam, yang mengancam kelompok militan lainnya. ”(Apakah) mereka kasihan dengan kelompok jihad lainnya?. Bagaimana mereka akan berurusan dengan orang lain yang miskin dan lemah?,” tanya Qatada.

Pernyataan Abu Qatada muncul setelah pemimpin Jihad Islam Yordania Issam Barqawi, atau dikenal sebagai Abu Mohammed al-Maqdessi pada 2 Juli 2014 lalu, mengecam deklarasi kekhalifahan oleh Negara Islam.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6860 seconds (0.1#10.140)