Ribuan Warga Gaza Mulai Mengungsi

Minggu, 13 Juli 2014 - 18:58 WIB
Ribuan Warga Gaza Mulai Mengungsi
Ribuan Warga Gaza Mulai Mengungsi
A A A
GAZA - Ribuan warga Gaza utara pada Minggu (13/7/2014) dikabarkan mulai mengungsi ke wilayah yang lebih aman. Hal tersebut mereka lakukan setelah militer Israel menyerukan warga di Beit Lahiya untuk mengungsi atas dasar keamanan.

Melansir Reuters, dalam selebaran yang disebar militer Israel, mereka menekankan warga untuk segera mengungsi bila ingin aman. “Mereka yang gagal mematuhi instruksi akan membahayakan kehidupan mereka dan kehidupan keluarga mereka. Hati-hati,” ungkap tulisan dalam selebaran tersebut.

Namun, Kementerin Dalam Negeri Gaza menduga selebaran yang disebar di kota dengan jumlah penduduk 70 ribu jiwa terebut hanyalah bentuk permainan psikologis semata. Dalam peringatannya, militer Israel meminta agar para warga untuk mengungsi ke wilayah selatan Gaza.

“Selururuh warga harus menepis seruan yang dilakukan oleh pihak Israel. Itu hanyalah gertakan semata-mata,” ungkap Kementerian tersebut dalam sebuah pernyataan.

Kementerian itu juga meminta kepada warga yang telah mengungsi untuk kembali ke rumah mereka.

Ini adalah pertama kalinya pemerintah Israel memberikan peringatan terlebih dahulu kepada warga Gaza. Dalam lima hari invasi mereka, tidak pernah sekalipun mereka memberikan peringatan bahwa akan adanya serangan terhadap warga.

Pihak Israel beralasan, seruan itu dikeluarkan untuk meminimalisir korban dari warga sipil. Para pengungsi berkumpul di sekolah-sekolah dan bangunan-bangunan milik PBB, hal tersebut diutarakan oleh perwakilan PBB di Gaza.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6227 seconds (0.1#10.140)