Israel: Irak Harus Terima Kemerdekaan Kurdi

Selasa, 01 Juli 2014 - 14:31 WIB
Israel: Irak Harus Terima...
Israel: Irak Harus Terima Kemerdekaan Kurdi
A A A
YARUSALEM - Menteri Luar Negeri Israel, Avigdor Lieberman, menyatakan kemerdekaan Kurdi adalah sesuatu yang harus dihadapi pemerintah Irak. Namun, dirinya menegaskan, Israel tidak akan campur tangan dalam proses kemerdekaan negara otonom Irak tersebut.

Melansir Al Arabiya, Selasa (1/7/2014), pernyataan itu muncul untuk menghindari konfrontasi dengan pemerintah Amerika Serikat yang menginginkan Irak bersatu. Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu sebelumnya menegaskan, Israel mendukung penuh upaya Kurdi untuk merdeka dari Irak.

"Masa depan Irak tergantung pada orang-orang yang tinggal di sana dan Israel tidak memiliki kepentingan untuk terlibat, walaupun itu hanya sebatas untuk memberikan saran," ungkap Lieberman.

“Satu hal yang harus diterima semua pihak, berdasarkan fakta yang ada saat ini, bahwa pemerintah Kurdi memang sudah merdeka secara de facto dan saat ini mereka mencari kemerdekaan secara hukum dengan pengakuan internasional,” Lieberman menambahkan.

Sebelumnya, di tengah kondisi Irak yang carut marut, Presiden wilayah otonom Irak, Kurdi, Massoud Barzani mengindikasikan, bahwa Kurdi ingin segera merdeka dari Irak, dan menjadi sebuah negara yang berdaulat.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0984 seconds (0.1#10.140)