Militer Irak Mulai Lancarkan Serangan Balasan

Minggu, 29 Juni 2014 - 13:55 WIB
Militer Irak Mulai Lancarkan...
Militer Irak Mulai Lancarkan Serangan Balasan
A A A
SAMARA - Setelah dalam beberapa pekan terakhir, pemerintah dan militer Irak menjadi bulan-bulanan militan Negara Islam Irak dan Levant (ISIL) dan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS), akhirnya militer Irak dikabarkan mulai melakukan serangan balasan di wilayah Tirkit.

Melansir Al Jazeera, Minggu (29/6/2014), militer Irak mengaku telah melancarkan sebuah operasi militer besar-besaran di Tirkit. Mereka mencoba mengambil alih kota tersebut dari tangan militan.
Operasi ini sendiri dimulai sejak kemarin. Beberapa saksi mata mengatakan, pertempuran sengit terjadi di wilayah tersebut antara militan ISIL/ISIL dengan pasukan khusus Irak.

Menurut pantauan pewarta Al Jazeera di lokasi, kemarin ia telah melihat pergerakan divisi lapis baja Irak. Mereka dikabarkan menuju Tikrit dari Samarra, kota terdekat di mana pasukan pemerintah telah berkumpul.

“Tirkit berhasil direbut kembali, dan militan telah berhasil dibersihkan dari kota tersebut,” ungkap pihak militer Irak. Pihak militer bahkan mengklaim telah menghancurkan sebuah konvoi yang berisi sekitar 20 kendaraan milik militan ISIL dan ISIS di sebuah wilayah antara Samarra dan Tikrit.

Namun, tidak lama berselang, ISIL membantah pernyataan yang diutarakan oleh militer Irak dan menyatakan hal sebaliknya. Mereka mengaku telah berhasil memukul mundur pasukan pemerintah yang melakukan serangan ke Tirkit.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7175 seconds (0.1#10.140)