Ajaib, Jet Tempur F-35 Terbakar tapi Pilot AS Selamat

Selasa, 24 Juni 2014 - 11:21 WIB
Ajaib, Jet Tempur F-35 Terbakar tapi Pilot AS Selamat
Ajaib, Jet Tempur F-35 Terbakar tapi Pilot AS Selamat
A A A
FLORIDA - Adegan dramatis terjadi di pangkalan udara Florida, Amerika Serikat (AS) Senin waktu setempat. Di mana pesawat jet tempur F-35 terbakar namun sang pilot berhasil lolos dari maut.

Insiden mengerikan pesawat jet tempur F-35 ini terjadi hanya berselang beberapa hari setelah insiden yang sama dialami pesawat tempur Rusia. Pesawat jet tempur F-35 atau yang dikenal pesawat siluman sejatinya merupakan pesawat tempur andalan berbagai negara, termasuk Australia.

Dalam insiden di Florida, pilot pesawat jet tempur sudah menjalankan prosedur yang tepat ketika pesawat hendak lepas landas. Namun, tanpa disangka kobaran api muncul dari ekor pesawat. Sang pilot bergegas keluar tanpa cedera, dan pesawat tempur yang terbakar dipadamkan dengan busa khusus.

Pihak Angkatan Udara AS mengatakan penyebab kebakaran pada pesawat jet tempur F-35 masih diselidiki. ”Kami mengambil langkah darurat atas insiden serius ini,” kata Kapten Paul Haas, wakil komandan pelatihan penerbengan pesawat tempur AS dalam sebuah pernyataan.

”Dalam hal ini, pilot sudah mengikuti prosedur yang tepat yang memungkinkan untuk membatalkan misi, setelah mesin mengalami masalah dan berhasil keluar. Kami memiliki program pelatihan yang kuat, di mana setiap anggota kru pilot dan pesawat yang terlatih bisa dengan cepat merespon kondisi darurat,” ujarnya.

Mike Rein, pihak Lockheed Martin, perusahaan pembuat pesawat tempur itu menyatakan siap membantu untuk menyelidiki insiden itu. ”Kami menyadari insiden ini, dan siap untuk membantu,” bunyi pernyataan perusahaan itu seperti dikutip Defense News.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7120 seconds (0.1#10.140)