Israel Tunjuk Presiden Baru Pengganti Peres

Rabu, 11 Juni 2014 - 18:20 WIB
Israel Tunjuk Presiden Baru Pengganti Peres
Israel Tunjuk Presiden Baru Pengganti Peres
A A A
YARUSALEM - Parlemen Israel pada Selasa (10/6/2014) resmi menunjuk presiden baru untuk menggantikan presiden sebelumnya, Shimon Peres. Reuven Rivlin akhirnya ditunjuk sebagai presiden baru.

Rivlin mendapatkan 63 suara dalam pemilihan yang berlangsung di parlemen. Dia mengalahkan seorang politisi moderat, Meir Sheetrit yang mendapatkan 53 suara.

Rivlin adalah mantan pembicara Knesset dan anggota dari Partai Likud, partai pimpinan Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu. Rivlin akhirnya mendapatkan dukungan penuh dari Netanyahu. Meskipun, keduanya kerap berseteru karena perbedaan pendapat.

Sebelumnya, Netanyahu mencoba mengundur pemilihhan presiden guna mencari calon lain pengganti Peres selain Rivlin.

Netanyahu bahkan dikabarkan akan menunjuk Elie Wiesel seorang pemenang Nobel sebagai kandidat presiden tandingan Rivlin. Namun, mayoritas suara parlemen menolak Wiesel, karena bukan warga Israel.

Menurut Al Jazeera, Rabu (11/6/2014), Rivlin merupakan seorang politisi sayap kanan yang sangat kuat dalam memegang prinsip. Seperti halnya Netanyahu, ia menolak mengakui pemerintahan baru Palestina dan tidak akan menarik pasukan mereka dari Tepi Barat.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5990 seconds (0.1#10.140)