Dirjen ASEAN: Tingkat Daya Saing RI Meningkat

Selasa, 03 Juni 2014 - 16:35 WIB
Dirjen ASEAN: Tingkat Daya Saing RI Meningkat
Dirjen ASEAN: Tingkat Daya Saing RI Meningkat
A A A
JAKARTA - Kawasan Asia Tenggara dianggap sebagai salah satu pasar besar bagi pebisnis internasional. Dalam indeks daya saing, mayoritas negara-negara ASEAN, termasuk Indonesia berada di ranking 20 hingga 30 besar.

Menurut Direktur Jenderal ASEAN-SOM untuk Indonesia, I Gusti Agung Waseka Puja, saat ditemui Sindonews dalam forum Komunitas ASEAN di Jakarta Selasa (3/6/2014), mengatakan, Indonesia sudah mengalami peningkatan dalam hal daya saing bisnis.

”Saat ini kita sudah menyentuh 30 besar untuk hal daya saing di kawasan Asia, hal ini tidaklah buruk karena sebelumnya kita berada di peringkat 50 besar pada tahun lalu, kita mengalami peningkatan yang cukup baik,” kata Puja.

Indonesia sendiri lebih banyak mengekspor barang ke luar negeri, berupa kerajinan tangan dan benda seni lainnya. Sedangkan untuk masalah kebutuhan pokok, Indonesia masih kalah dari Vietnam dan Thailand.

Acara Forum Komunitas ASEAN ini sendiri merupakan forum pertama yang membahas mengenai perkembangan hubungan negara-negara di kawasan regional Asia Tenggara dalam berbagai konteks kepentingan. Acara ini dihadiri praktisi dan akademisi dari beberapa negara ASEAN.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2989 seconds (0.1#10.140)