Efek Kudeta, Australia Hentikan Kerjasama dengan Thailand

Sabtu, 31 Mei 2014 - 14:06 WIB
Efek Kudeta, Australia Hentikan Kerjasama dengan Thailand
Efek Kudeta, Australia Hentikan Kerjasama dengan Thailand
A A A
SYDNEY - Efek kudeta di Thailand kembali membawa kerugian bagi Negeri Gajah Putih. Setelah sebelumnya Amerika Serikat memutuskan hubungan kerjasama di bidang militer, kali ini giliran Negeri Kanguru, Australia melakukan hal yang sama.

Melansir Reuters, Sabtu (31/5/2014), Australia memberlakukan larangan kunjugan para petinggi militer Thailand ke negara mereka dan memutuskan hubungan kerjasama di bidang militer antar kedua negara.

"Sejalan dengan keprihatinan kami, Australia akan mengurangi hubungan dengan pihak dengan militer Thailand dan akan mulai mengurangi interaksi dengan pimpinan militer Thailand," ungkap Menteri Luar Negeri Julie Bishop dan Menteri Pertahanan Australia, David Johnston mengatakan dalam sebuah pernyataan bersama.

“Pemerintah Australia akan mencoba memanggil militer Thailand dan meminta mereka untuk menghentikan kudeta dan mengembalikan demokrasi ke negara mereka, dan membebaskan para tahanan politik, serta menghormati Hak Asasi Manusia,” lanjut pernyataan tersebut.

Pemerintah Australia menyatakan, hingga saat ini mereka terus memantau situasi di Thailand. Bila situasi sudah mulai membaik, mereka menegaskan akan sesegera mungkin kembali menstabilkan hubungan antara kedua negara.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6141 seconds (0.1#10.140)