Tempelkan Kening di Tembok Penjajahan Israel, Paus Berdoa

Senin, 26 Mei 2014 - 09:33 WIB
Tempelkan Kening di Tembok Penjajahan Israel, Paus Berdoa
Tempelkan Kening di Tembok Penjajahan Israel, Paus Berdoa
A A A
BETLEHEM-Pemimpin Vatikan, Paus Fransiskus (Francis) membuat orang terperangah saat lawatan ke Timur Tengah. Dia mendekat ke tembok di Betlehem yang jadi simbol penjajahan Israel pada Palestina dan berdoa untuk perdamaian Timur Tengah.

Tak hanya itu, Paus Francis juga mengundang Presiden Palestina dan Presiden Israel untuk berkunjung ke Vatikan.

Paus yang melakukan lawatan ke Tanah Suci itu, tiba-tiba mendekati tembok beton buatan Israel yang memisahkan Bethlehem dari Yerusalem. Diam-diam, Paus menempelkan keningnya di tembook itu dan berdoa untuk perdamaian Timur Tengah. Bocah-bocah yang memegang bendera Palestina pun memandangi Paus.

Di tembok tempat Paus Francis berdoa, terdapat tulisan “Free Palestine” (kemerdekaan Palestina) dari semprotan cat. ”Bethlehem terlihat seperti Ghetto, Warsawa” bunyi tulisan lain sebagai sindiran penderitaan rakyat Palestina seperti penderitaan warga Yahudi ketika ditindas rezim Nazi.

Dalam kunjungan tiga hari ke Timur Tengah itu, Paus Francis juga mendukung kemerdekaan Palestina. Dia sepenuhnya mendukung upaya perundingan damai yang sudah lama “lumpuh”.

Menurut Paus Francis, dia mengundang Presiden Israel dan Presiden Palestina ke Vatikan untuk berdoa bersama guna mengakhiri konflik abadi.

”Dalam hal ini , tempat kelahiran Raja Damai, saya ingin mengundang Anda, Presiden Mahmoud Abbas, bersama dengan Presiden Shimon Peres, untuk bergabung dengan saya dalam doa sepenuh hati kepada Tuhan atas karunia perdamaian,” kata Paus di Betlehem, seperti dikutip Reuters, Senin (26/5/2014).
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7770 seconds (0.1#10.140)
pixels