Pemilu Ukraina Dimulai

Minggu, 25 Mei 2014 - 13:17 WIB
Pemilu Ukraina Dimulai
Pemilu Ukraina Dimulai
A A A
Kiev - Pemilihan umum (pemilu) presiden pertama Ukraina paska tergulingnya Viktor Yanukovich akhirnya resmi dimulai hari ini, Minggu (25/5/2014). Pemilu yang berada di bawah raungan senjata dan ancaman keamanan di wilayah timur Ukraina.

Menurut laporan Reuters, para petugas pemilu sudah mulai mempersiapkan diri membuka tempat pemungutan suara. Rencananya proses pemilihan akan dimulai pada Minggu pagi waktu setempat, dan akan berakhir pada sore harinya.

Namun, seperti yang diprediksikan sebelumnya warga di timur Ukraina terutama di Donetsk dan Luhansk para pemilih akan banyak melihat tempat pemungutan suara yang tutup, hal ini dilakukan atas dasar keamanan paska ancaman dari massa pro-Rusia.

“Para pemantau pemilu dari Uni Eropa (UE) sebagian besar telah ditarik keluar dari wilayah Donetsk dah Luhansk atas dasar kemanan,” ungkap otoritas setempat. Massa pro-Rusia di Donetsk dan Luhank menilai pemilu di wilayah mereka tidak sah, karena mereka merasa bukanlah bagian dari Ukraina lagi.

Sekitar 45 juta pemilih akan melakukan pemungutan suara hari ini, hasil dari pemilu ini sendiri akan diumumkan pada esok hari. Pemilu kali ini menempatkan miliarder Petro Poroshenko sebagai kanditat terkuat. Namun, bila tidak ada kandidat yang menang di atasa 50 persen, makan pemilu putaran dua akan digelar pada 15 Juni 2014.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6116 seconds (0.1#10.140)