Politik luar negeri Indonesia di mata AS

Rabu, 14 Mei 2014 - 18:21 WIB
Politik luar negeri Indonesia di mata AS
Politik luar negeri Indonesia di mata AS
A A A
Sindonews.com - Indonesia saat ini dianggap salah satu negara yang memiliki pengaruh di dunia, baik dari segi ekonomi maupun politik. Salah satu contohnya, Indonesia telah masuk menjadi salah satu anggota kelompok 20 dunia atau G-20.

Ditemui dalam forum terbuka United State and Indonesia Society (USINDO), mantan Duta Besar Amerika Serikat (AS) yang pernah bertugas di Indonesia dan China, J Stapleton Roy, mengutarkan pandangan negaranya terhadap kebijakan luar negeri yang dipilih Indonesia.

Menurut Roy Indonesia adalah negara yang netral dan independen. ”Pendekatan dalam politik luar negeri yang diambil Indonesia sangatlah netral, Indonesia tidak pernah menitik beratkan pada satu pihak saja,” ungkap Roy, di Jakarta Rabu (14/5/2014).

Roy mencontohkan hubungan antara Indonesia dan China, serta Indonesia dan AS. Menurut dia Indonesia memberikan porsi serta pendekatan yang sama kepada kedua negara. Menurutnya, tidak ada yang di-anak-emaskan oleh Indonesia.

“Saya tidak pernah melihat dan tidak menangkap potensi Indonesia untuk bergabung pada satu kubu tertentu,” ujar Roy. Menurutnya, jika saat ini hubungan Indonesia dan AS lebih baik dibandingkan dengan hubungan Indonsia dengan China, hal itu hanya masalah waktu bagi kedua negara dapat lebih saling memahami.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6444 seconds (0.1#10.140)