Jika Rusia dukung Pemilu, Ukraina siap negosiasi damai

Selasa, 06 Mei 2014 - 20:40 WIB
Jika Rusia dukung Pemilu, Ukraina siap negosiasi damai
Jika Rusia dukung Pemilu, Ukraina siap negosiasi damai
A A A
Sindonews.com – Pemerintah Ukraina pada Selasa (6/5/2014) menyatakan, pihaknya siap untuk kembali duduk satu meja dengan Rusia dan kembali membahas perjanjian damai untuk mengakhiri krisis di negaranya.

Seperti dilansir Reuters, Ukraina memberikan satu syarat bila ingin hal tersebut dilaksanakan. Ukraina meminta Rusia untuk mendukung pemilihan presiden yang akan berlangsung di negara mereka pada 25 Mei mendatang.

"Jika Rusia siap berkomitmen untuk mendukung pemilu dan menghilangkan ancaman ini, serta menghilangkan dukungannya untuk unsur-unsur ekstremis di Ukraina, kami siap untuk kembali melakukan pertemuan," ungkap Menteri Luar Negeri Ukraina, Andriy Deshchytsia.

Deshchytsia mengatakan, pemerintahnya dapat mendukung pembicaraan Jenewa putaran kedua jika semua pihak sepakat untuk mengimplementasikan dokumen yang akan disepakati dalam pertemuan itu kelak.

Tetapi, untuk saat ini Deshchytsia menegaskan, pihaknya masih fokus untuk menyelenggarakan pemilihan umum pertama di Ukraina paska penggulingan presiden sebelumnya, Viktor Yanukovich.

Rusia sendiri siap untuk melakukan pembicaraan tahap kedua, namun mereka meminta agar pihak oposisi Ukraina saat ini harus turut dilibatkan. Menurut mereka, bila oposisi tidak dilibatkan, maka hasilnya akan sama saja.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5182 seconds (0.1#10.140)