Xinjiang diguncang bom, 3 tewas

Kamis, 01 Mei 2014 - 17:21 WIB
Xinjiang diguncang bom, 3 tewas
Xinjiang diguncang bom, 3 tewas
A A A
Sindonews.com – Wilayah Xinjiang, yang merupakan salah satu wilayah paling bergejolak di China kembali mengalami teror. Kali ini tiga orang tewas, sementara 79 orang lainnya menderita luka-luka ketika sebuah bom meledak di dalam stasiun kereta api bawah tanah di wilayah tersebut.

Serangan tersebut bersamaan dengan kunjungan presiden China, Xi Jinping. Seperti dilansir Channel News Asia, Kamis (1/5/2014), para teroris pada awalnya melakukan serangan dengan pisau di dalam stasiun, sebelum akhinya mereka meletakan bom di dekat salah satu rangkaian kereta.

Salah seorang saksi, Zhang Bin, menyatakan, dirinya tidak tahu apa yang mereka (penyerang) ingingkan. Saat penyerangan itu terjadi, dia sedang menjemput seorang teman di stasiun.

"Saya tidak pernah mengharapkan hal seperti itu bisa terjadi pada saya. Jika ini disengaja, saya tidak bisa mengerti mengapa mereka menyakiti warga sipil tak berdosa,” ungpa Zhang bin.

Pihak pemerintah menuduh ekstremis religius berada di balik penyerangan tersebut, mengingat kelompok tersebut kerap melakukan tindakan teror. Sebelumnya, mereka melakukan penyerangan di stasiun kereta api di Kumning yang menewaskan belasan jiwa.

Juru bicara World Uyghur Congress exile group, Dilxat Raxit khawatir, kejadian penyerangan tersebut akan mengarah pada babak baru penindasan terhadap masyarakat Muslim Uighur di XInjiang. Wilayah Xinjiang sendiri kerap dihantam kerusuhan, tak kurang 100 orang meregang nyawa akibat kerusuhan tahun lalu.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5800 seconds (0.1#10.140)