Kapal mata-mata Rusia berkeliaran di Pantai Timur AS

Sabtu, 26 April 2014 - 17:58 WIB
Kapal mata-mata Rusia...
Kapal mata-mata Rusia berkeliaran di Pantai Timur AS
A A A
Sindonews.com-Sejumlah kapal yang salah satunya kapal intelijen Rusia diketahui telah berkeliaran di lepas Pantai Timur Amerika Serikat (AS) dan Teluk Meksiko selama sebulan terakhir. Demikian keterangan Departemen Pertahanan AS atau Pentagon.

Juru bicara Pentagon, Letnan Kolonel Tom Crosson, mengatakan kapal Rusia yang berkeliaran di dekat wilayah AS adalah kapal Viktor Leonov dan Nikolay Chiker. Namun gerakan kapal mata-mata Rusia itu menurut Pentagon masih di luar wilayah teritorial AS.

”Kami menghormati kebebasan semua bangsa, sebagaimana tercermin dalam hukum internasional, untuk mengoperasikan kapal militer di luar laut teritorial dari negara-negara lain,” kata Crosson, seperti dilansir Mail Online, Sabtu (26/4/2014).

Kapal mata-mata Viktor Leonov berukuran panjang 300 meter dan lebar 47,5 kaki lebar. Kapal itu pertama kali terlihat di Kuba pada bulan Februari, ketika berlabuh di Havana. Pada saat itu, baik Kuba maupun Rusia mengakui kehadiran kapal mata-mata di Havana.

Menurut sejumlah laporan media, kapal Viktor Leonov melakukan perjalanan tambahan ke sebuah pulau sekitar 30 mil dari Florida, AS pada bulan Maret dan awal bulan ini.

Para pejabat Pentagon menduga bahwa sejak Maret 2014, kapal Leonov dan Chiker telah melakukan misi intelijen dengan target pengumpulan data kapal selam nuklir AS yang ada di Kings Bay, Georgia. Misi lainnya di Pantai Timur AS.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1406 seconds (0.1#10.140)