Merkel: Rusia tak berupaya jalankan kesepakatan Jenewa

Jum'at, 25 April 2014 - 21:48 WIB
Merkel: Rusia tak berupaya jalankan kesepakatan Jenewa
Merkel: Rusia tak berupaya jalankan kesepakatan Jenewa
A A A
Sindonews.com – Kanselir Jerman, Angela Merkel, mengaku telah berkomunikasi dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin dan menyatakan kalau Rusia tidak berbuat cukup untuk melaksanakan kesepakatan Jenewa.

"Saya berbicara dengan Presiden Rusia pagi ini dan telah menjelaskan, di satu sisi Ukraina telah mengambil seluruh rangkaian langkah-langkah untuk menerapkan kesepakatan Jenewa. Tapi, di sisi lain, saya tidak melihat dukungan Rusia untuk kesepakatan ini, yang tentu akan membawa efek pada separatis di Ukraina," kata Merkel, seperti dikutip dari Reuters.

Hal ini disampaikan Merkel saat melakukan konferensi pers bersama dengan Perdana Menteri Polandia, Donald Tusk di Berlin, Jumat (25/4/2014). Dalam kesempatan ini, Merkel juga menyatakan, harus dipertimbangkan sanksi lebih lanjut bagi Rusia.

Menurut Merkel, Rusia memiliki sarana untuk meyakinkan separatis Pro Rusia di Ukraina untuk mengambil jalan damai. "Rusia memiliki kekuasaan, atau juga memiliki kekuatan untuk membawa separatis ke jalur diskusi damai tentang konstitusi dan persiapan untuk pemilu. Namun sayangnya, sinyal itu tak terlihat,” jelas Merkel.

"Karena itu, kami harus bereaksi. Ini akan menjadi tindakan Eropa bersama dan tindakan G7. Karena
kurangnya kemajuan, kita harus merenungkan sanksi lebih lanjut,” tambahnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5871 seconds (0.1#10.140)