PM Ukraina: Tangkap penyebar pamflet anti Yahudi

Minggu, 20 April 2014 - 14:08 WIB
PM Ukraina: Tangkap penyebar pamflet anti Yahudi
PM Ukraina: Tangkap penyebar pamflet anti Yahudi
A A A
Sindonews.com – Perdana Menteri (PM) Ukraina menyuarakan kemarahan atas adanya laporan yang menyebut adanya sejumlah pria bertopeng di Ukraina timur yang membagi-bagikan selebaran yang menuntut pendataan kaum Yahudi atau mereka akan diusir dari Ukraina timur.

“Saya mendesak militer dan Pasukan Keamanan Ukraian, serta Ukraina Department of Homeland Security untuk menemukan orang tersebut dan membawa mereka ke pengadilan,” ungkap Perdana Menteri Ukraina, Arseniy Yatsenyuk, seperti dilansir Channel News Asia, Minggu (20/4/2014).

Insiden itu terjadi ketika sekitar 20 orang Yahudi meninggalkan sinagoga awal pekan ini. Mereka menyatakan ada tiga pria bertopeng membagi-bagikan pamflet anti semit sambil membawa bendera Rusia dan simbol separatis Republik Donetsk.

Laporan tersebut mendapat kecaman dari berbagai pihak. Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, John Kerry mengatakan, bahwa penyebaran selabaran itu sebagai tindakan yang aneh.

Sebelumnya dilaporkan bahwa massa separatis pro Rusia di Ukraina timur menuntut para penganut Yahudi untuk mendaftarkan diri mereka agar didata. Bila tidak bersedia, para yahudi itu akan diusir secara paksa dari Ukraina timur.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7305 seconds (0.1#10.140)