Tangan kanan Osama bin Laden dibunuh di Suriah

Senin, 24 Februari 2014 - 11:16 WIB
Tangan kanan Osama bin Laden dibunuh di Suriah
Tangan kanan Osama bin Laden dibunuh di Suriah
A A A
Sindonews.com – Abu Khaled al-Suri, komandan al-Qaeda yang dikenal sebagai tangan kanan Osama bin Laden dan teman dekat Ayman al-Zawahiri--pemimpin al-Qaeda sekarang--, tewas di Suriah.

Dia tewas dalam serangan yang dilakukan pemberontak bersenjata di Aleppo.Pembunuhan terhadap al – Suri, terjadi Minggu kemarin (23/2/2014), dalam sebuah serangan bom bunuh diri. Demikian keterangan Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia.

Kepala Observatorium Rami Abdel Rahman, mengatakan, al-Suri tewas bersama dengan enam orang lain, ketika seorang militan bersenjata Suriah yang sama-sama memusuhi Presiden Basahr al-Assad, meledakkan diri di sebuah pos Ahrar al- Sham, di al- Halq.

Al-Suri, dalam data kelompok al-Qaeda, merupakan wakil kepala organisasi pimpinan al- Zawahiri. Dia diketahui menjalankan operasi di Suriah dan bersebarangan dengan kelompok pemberontak lainnya.

Berbicara melalui skype, Akram al - Halabi , juru bicara Front Islam, aliansi tujuh kelompok pemberontak Suriah,mengatakan kepada kantor berita Associated Press, bahwa sebelum tewas, al- Suri kritis di tangan para militan pemberontak Suriah.

Menurutnya, kelompok ISIL diyakini berada di balik serangan mematikan yang berlangsung kemarin. ”Jari-jari pertama menujuk kelompok ISIL,” kata al – Halabi. ”Sayangnya hal ini akan membuat pertarungan lebih buruk,” lanjut dia.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3602 seconds (0.1#10.140)