Satu tewas, dan 16 luka-luka dalam kerusuhan di Yaman

Jum'at, 21 Februari 2014 - 20:39 WIB
Satu tewas, dan 16 luka-luka...
Satu tewas, dan 16 luka-luka dalam kerusuhan di Yaman
A A A
Sindonews.com – Satu orang dilaporkan tewas dan 16 lainnya luka-luka saat terjadi demonstrasi propemisahan di Yaman. Korban tewas terkena timah panas pasukan kepolisian setempat saat terjadi bentrokan antara demonstran dan polisi di kota Aden, Jumat (21/2/2014).

Ribuan pengunjuk rasa berbaris di pusat pemerintahanan Aden dan distrik diplomatik Khor Maksar setelah salat Jumat. Polisi menembakkan peluru tajam serta gas air mata ke arah pengunjuk rasa saat mereka mendekati Arood Square.

Para aktivis mengatakan, puluhan demonstran lainnya menderita cedera akibat menghirup gas air mata. "Bagian selatan adalah negara dan identitas, " teriak para pengunjuk rasa, seperti dilaporkan AFP.

Komite keamanan Aden mengatakan, hanya demonstrasi damai dengan izin dari otoritas setempat yang akan ditoleransi. Demonstran sendiri bersumpah tidak akan berhenti melakukan aksinya hingga tuntutan mereka dipenuhi.

Rencana pemerintah untuk merubah negara kesatuan menjadi negara federasi dengan enam wilayah telah mengalami penolakan yang kuat, baik dari aktivis kemerdekaan selatan dan dari para pemimpin pemberontakan yang berada di dataran tinggi Zaidi, wilayah yang mayoritas dihuni oleh masyarakat Islam Sunni.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8946 seconds (0.1#10.140)