Diculik Abu Sayyaf 8 bulan, dua wanita Filipina tak kapok

Jum'at, 21 Februari 2014 - 17:55 WIB
Diculik Abu Sayyaf 8 bulan, dua wanita Filipina tak kapok
Diculik Abu Sayyaf 8 bulan, dua wanita Filipina tak kapok
A A A
Sindonews.com - Dua wanita Fiilpina keturunan Aljazair dibebaskan kelompok Abu Sayyaf, setelah delapan bulan disandera. Meski bebas, kedua wanita yang berprofesi sebagai pembuat film dokumenter itu tidak kapok, dan akan terus menjalankan misinya.

Komandan miter di Jolo, Filipina, Brigadir Jenderal Jose Cenabre, semalam mengatakan, para penculik memutuskan untuk membebaskan mereka. Pembebasan dua wanita itu terjadi, di tengah meningkatkanya aksi militer Filipina dalam memburu kelompok militan itu.

Nadjoua Bansil, dan adiknya, Linda Bansir, mengatakan, mereka akan kembali membuat film dokumenter tentang masyarakat marjinal. Mereka tidak kapok untuk menjalankan misinya itu, meski gara-gara membuat film dokumenter mereka diculik kelompok Abu Sayyaf.

”Kami akan beristirahat untuk sementara waktu. Tapi kami akan terus membuat film independen kami,” katanya, kepada wartawan di kota selatan Zamboanga, di mana mereka dibawa setelah dibebaskan di Jolo, seperti dilansir Al Jazeera, Jumat (21/2/2014).

Kedua wanita itu ditemukan di pulau Jolo oleh pihak berwenang yang terus mencari keberadaan mereka. Kaka kedua wanita itu, Mohammed Bansil, mengucapkan terima kasih atas pembebasan kedua adiknya.

Kendati demikian, baik Mohammed maupun pihak militer menolak mengungkap, apakah pembebasan itu dengan uang tebusan atau tidak.Kedua wanita itu diculik kelompok Abu Sayyaf pada 22 Juni 2013, ketika membuat sebuah film tentang penduduk miskin di kawasan hutan Jolo.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4973 seconds (0.1#10.140)