Denmark larang sembelih hewan picu kontroversi

Rabu, 19 Februari 2014 - 11:15 WIB
Denmark larang sembelih hewan picu kontroversi
Denmark larang sembelih hewan picu kontroversi
A A A
Sindonews.com – Pemerintah Denmark membuat kebijakan yang melarang penyembelihan hewan untuk menghasilkan daging halal sesuai hukum agama. Larangan penyembelihan hewan yang mengadopsi tuntutan aktivis hak satwa itu menuai kontroversi, terutama dari pemuka agama Islam dan Yahudi.

“Hak-hak hewan datang sebelum agama,” kata Menteri Pertanian dan Pangan Denmark, Dan Jorgensen kepada stasiun TV2, kemarin.

Perubahan hukum tentang penyembelihan hewan itu sudah dituntut bertahun-tahun oleh aktivis hak satwa. Namun, keputusan itu dikecam pemimpin agama Yahudi, sebagai sikap anti-Semit.

Pemimpin agama Yahudi setempat, Finn Schwartz, salah satu yang mengkritik kebijakan tersebut.”Bila Anda memiliki agama minoritas di masyarakat, Anda juga harus menghormati agama minoritas bahkan jika benar-benar tidak suka pada beberapa hal yang (mereka) lakukan ,” katanya, seperti dikutip Al Arabiya, Rabu (19/2/2014).

”Jika Anda ingin mengubah aturan mendasar yang menyangkut agama minoritas, maka Anda harus melakukann diskusi terbuka,” lanjut dia.
Wakil Menteri Israel untuk Layanan Keagamaan, Rabbi Eli Ben Dahan, menyebut kebijakan Pemerintah Denmark itu, mewakili sikap anti-Semit Eropa.”(Mereka) menunjukkan warna aslinya,” ujarnya.

Namun, Duta Besar Denmark untuk Israel, Jesper Vahr, membalas komentar Wakil Menteri Israel itu,”Tuduhan itu sangat menghina,” balasnya.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3669 seconds (0.1#10.140)