Lawatan ke Asia, Obama tak sambangi Indonesia

Kamis, 13 Februari 2014 - 08:51 WIB
Lawatan ke Asia, Obama tak sambangi Indonesia
Lawatan ke Asia, Obama tak sambangi Indonesia
A A A
Sindonews.com - Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, akan mengunjungi empat negara Asia pada akhir April mendatang. Dari empat negara itu, Indonesia tidak termasuk tujuan lawatan Obama.

Gedung Putih pada Rabu waktu AS atau hari ini (13/2/2014) WIB, menyatakan, tujuan lawatan Obama ke Asia antara lain ke Jepang, Korea Selatan, Malaysia dan Filipina.

“Lawatan yang akan datang adalah bagian dari komitmen presiden untuk meningkatkan hubungan diplomatik, ekonomi dan keamanan AS dengan negara-negara di kawasan Asia Pasifik,” bunyi pernyataan juru bicara Gedung Putih, Jay Carney, seperti dikutip Reuters.

Menurutnya, lawatan Obama ke Asia pada akhir April nanti merupakan realisasi kunjungan yang sempat tertunda pada Oktober 2013 lalu, karena AS mengalami shutdown selama 16 hari. Shutdown tersebut terjadi karena ada kebuntuan politik di Kongres AS. Kala itu, Obama sempat dijadwalkan ke Bali untuk menghadiri KTT APEC namun akhirnya dibatalkan.

Dalam pidato November 2013 lalu, Penasihat Keamanan Nasional Obama, Susan Rice, mengumumkan bahwa presiden telah dijadwalkan ulang perjalanannya ke Asia pada bulan April 2014.

Meskipun Obama tidak mengunjungi Indonesia, Menteri Luar Negeri AS, John Kerry, dijadwalkan mengunjungi Indonesia pada pekan ini. Namun, jadwal pasti kunjungan Kerry ke Indonesia belum ditentukan.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6845 seconds (0.1#10.140)
pixels