Korut bersiap jajal nuklir & rudal terbesar

Selasa, 11 Februari 2014 - 09:45 WIB
Korut bersiap jajal nuklir & rudal terbesar
Korut bersiap jajal nuklir & rudal terbesar
A A A
Sindonews.com - Korea utara (Korut) sedang mempersiapkan untuk melakukan uji coba nuklir dan meluncurkan rudal antarbenua terbesarnya. Demikian disampaikan Pemerintah Korut yang kini siaga tinggi terkait rencana aksi Korut.

Menurut Pemerintah Korsel dan intelijen Amerika Serikat, persiapan untuk uji coba nuklir sedang berlangsung di sebuah situs pengujian di timur laut Korut.

Menteri Pertahanan Korsel, Kim Kwan Jin, mengatakan, bahwa Korut telah merampungkan langkah awal untuk peluncuran rudal, di sebuah desa di wilayah barat laut Tongchang -ri.

”Hal-hal ini tergantung pada keputusan pimpinan Korut (Kim Jong-un),” kata Kim kepada anggota parlemen di Seoul, seperti dikutip The Australian, Selasa (11/2/2014).

”Seperti yang terlihat di masa lalu, uji coba rudal jarak jauh dan uji coba nuklir saling terhubung satu sama lain. Kami mengamati dengan seksama, bahwa (mereka) mempersiapkan setiap (aksi) provokasi,” lanjut Kim.

Sementara itu, ahli rudal AS telah menganalisis foto-foto satelit yang menunjukkan bahwa stasiun satelit Sohae di Tongchang - ri sedang mempersiapkan peluncuran rudal terbesar.

Menurut laporan Universitas Johns Hopkins, sebuah menara seperti alat peluncur rudal bersama dipersiapkan. Laporan itu menyebut, operasional peluncur rudal itu kemungkinan berlangsung awal bulan depan.

Korut telah meledakkan tiga perangkat nuklir bawah tanah sebelumnya. Sedangkan uji coba nuklir dan rudal terbesar Korut akan menjadi yang kedua di era Kim Jong-un.

Dugaan itu juga seiring dengan kekesalan Korut atas sikap Korsel dan AS yang akan nekat menggelar latihan perang gabungan. Latihan perang gabungan itu akan dimulai 24 Februari 2014.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7138 seconds (0.1#10.140)