Putri Raja Spanyol diadili atas kasus korupsi

Sabtu, 08 Februari 2014 - 16:29 WIB
Putri Raja Spanyol diadili atas kasus korupsi
Putri Raja Spanyol diadili atas kasus korupsi
A A A
Sindonews.com –Putri Cristina, 48,putridariRajaSpanyolJuan Carlos,diadili di sebuah pengadilan di Pulau Majorca, Sabtu (8/2/2014). Cristina diadili terkait dugaan penipuan dalam kasus korupsi.

KeterlibatanputriRaja Spanyol itu memicu pertanyaan publik akan masa depan monarki di negara itu.Cristina,telahdituduh terlibat dalam urusan bisnis suaminya Inaki Urdangarin, yangsaat inijuga sedang diselidiki. Keduanya menyangkal bersalah dalam kasus itu.

Hakimpengadilan setempat,Jose Castro,telah menghabiskanwaktulebih dari dua tahununtukmenyelidiki tuduhan bahwa Urdangarian danmantanmitra bisnisnyamenggelapkanUSD8,18juta dana publik melalui yayasan amal.

Cristina adalah anggota dewan yayasanbersama suaminya. “Mereka memilikiperusahaanbernamaAizoon,yang sedang diselidiki karena diduga menjadi kedok untuk pencucian uang publik yang digelapkan,” tulisAl-Jazeera, dalam laporannya.

RajaJuan Carlos meraih dukungan publik setelah membantu mengarahkan Spanyol ke era demokrasi setelah kematiandiktator Francisco Franco pada tahun 1975.Namun,tapi popularitas bangsawandi kerajaan itu telah luntursejak kasusyang melibatkanUrdangarin dibuka tiga tahun lalu.

Kondisi itu diperparah dengan laporanperjalanan mewahanggota kerajaan untuk berburugajahdi Afrika tahun 2012, di kala rakyat Spanyol sedang menderita akibat resesi.

(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7343 seconds (0.1#10.140)