Kecewa pemimpin RI, Menteri Singapura puji Soeharto

Sabtu, 08 Februari 2014 - 15:18 WIB
Kecewa pemimpin RI,...
Kecewa pemimpin RI, Menteri Singapura puji Soeharto
A A A
Sindonews.com –Polemik penamaan KRI Usman Harun milik TNI Angkatan Laut (AL) Indonesia terus berlanjut. Salah seorang menteri Singapura menyatakan kekecewaannya dengan para pemimpin Indonesia yang tetap dengan kebijakan yang diprotes Pemerintah Singapura.

Menteri Sosial dan Pembangunan Keluarga Chan Chun Sing, mengungkapkan kekecewaannya terhadap para pemimpin Indonesia melalui tulisan yang di-posting Facebook.

“Saya kecewa dengan keputusan Indonesia untuk nama kapal perang baru mereka, dengan (nama) dua terpidana mantan marinir. Saya juga kecewa dengan reaksi dari para pemimpin Indonesia yang telah berbicara tentang masalah ini hingga sejauh ini,” tulis Chan.

Nama KRI Usman Harun merupakan gabungan dari nama dua marinir Indonesia, Osman Mohamad Ali dan Harun Said yang dianggap terlibat pemboman di sebuah bangunan di Orchard Road pada tahun 1965. Tiga orang tewas dan 33 lainnya terluka dalam insiden kala itu.

Dua marinir Indonesia itu, telah dieksekusi dengan hukuman gantung di Singapura, karena dianggap bersalah dalam pemboman tersebut. Namun, bagi Indonesia, dua marinir itu dianggap pahlawan karena menjalankan misi pemerintah yang kala itu masih dipimpin Presiden Soekarno.

Menteri itu melanjutkan, kekecewaannya dengan membandingkan sikap para pemimpin Indonesia saat ini dengan kepemimpinan Presiden Soeharto.

”Hubungan antara kedua negara telah hati-hati dibangun selama bertahun-tahun. Meskipun pernah mengalami episode gelap ketika terjadi konfrontasi dan pemboman di bangunan MacDonald. Para pemimpin kita Lee Kuan Yew dan Soeharto menunjukkan kenegarawanan yang bagus untuk menutup masa sulit-sulit ini,” lanjut Chan.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0978 seconds (0.1#10.140)