Diledek delegasi Iran, pejabat AS ngambek di acara Tunisia

Sabtu, 08 Februari 2014 - 11:14 WIB
Diledek delegasi Iran, pejabat AS ngambek di acara Tunisia
Diledek delegasi Iran, pejabat AS ngambek di acara Tunisia
A A A
Sindonews.com – Seorang pejabat Amerika Serikat (AS)ngambek dan hengkang dari sebuah acara perayaan konstitusi baru Tunisia, kemarin, setelah seorang delegasi Iran meledek AS dalam pidatonya.

Dalam pidatonya kepada Majelis Konstituante Nasional (NCA) Tunisia, juru bicara parlemen Iran, Ali Larijani menuduh AS dan Israel bekerjasama untuk menghancurkan revolusi pro-demokrasi yang melanda wilayah Arab.

“Israel dan AS telah mencoba untuk membuat revolusi (Arab) steril, dan membuat mereka (dunia Arab) menyimpang dari garis mereka, sehingga Israel bisa mendapatkan keuntungan,” ujar Larijani.

Kedutaan Besar AS di Tunisia tersinggung dengan pidato pejabat Iran itu.”Sebuah upacara menghormati prestasi Tunisia telah digunakan oleh perwakilan Iran untuk mengecam AS,”bunyi pernyatan Kedutaan Besar AS itu, seperti dikutip al-Arabiya, semalam.

”Perwakilan AS hadir pada upacara NCA, dan pergi karena tuduhan palsu, serta komentar yang tidak pantas yang dibuat oleh delegasi Iran mengenai AS,” lanjut pernyataan itu.

Sementra itu, Selim Ben Abdesslem, seorang anggota parlemen Tunisia tidak akan mengecam pidato pejabat Iran tersebut, dengan alasan bagian dari hak untuk berpendapat. ”Orang-orang Amerika tidak menyukai apa yang dikatakan (pejabat) Iran. Tapi setiap orang bebas untuk menyampaikan pandangan mereka,” ujarnya.

NCA telah mengadopsi konstitusi baru untuk Tunisia pada tanggal 26 Januari 2014. Hal itu menjadi tonggak dalam sejarah transisi di Tunisia, setelah tiga tahun pelengseran diktator Zine el - Abidine Ben Ali dalam sebuah revolusi.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4206 seconds (0.1#10.140)