Pelengser Morsi siap jadi Capres Mesir

Kamis, 06 Februari 2014 - 12:31 WIB
Pelengser Morsi siap jadi Capres Mesir
Pelengser Morsi siap jadi Capres Mesir
A A A
Sindonews.com - Panglima militer Mesir,Jenderal Abdel Fattah al-Sisi, yang menggulingkan Presiden Mohamed Morsi, mengatakan siap untuk mencalonkan diri sebagai presiden. Demikian laporan media Kuwait pada Kamis (6/2/2014).

Kesiapan Sisi sebagai calon presiden (Capres) Mesir itu, diyakini akan menyulut ketegangan politik. Di mana kelompok Ikhwanul Muslimin yang mendukung Morsi masih menyimpan amarah atas kudeta militer terhadap presiden pertama Mesir yang terpilih melalui Pemilu yang demokratis 2012 silam.

Militer pimpinan Jenderal Sisi pada 3 Juli 2013 lalu telah melengserkan Morsi. Sejak itu, krisis politik yang berujung pada kekerasan telah menewaskan ratusan orang di Mesir.

Kekhawatiran lainnya adalah mendominasinya militer dalam pemerintahan Mesir sejak revolusi Mesir pecah tahun 2011. Revolusi itu telah melengserkan mantan ditaktor Hosni Mubarak yang kala itu juga didukung militer.

Surat kabar Kuwait, yang melansir wawancara dengan Sisi, menulis bahwa pemimpin militer Mesir itu siap untuk maju sebagai Capres Mesir. ”Saya tidak akan menolak permintaan (maju sebagi Capres),” kata Sisi yang didukung warga Mesir saat referendum beberapa pekan lalu untuk maju sebagai pemimpin Mesir.

”Saya akan mengabdikan diri saya kepada rakyat Mesir untuk memperbarui kepercayaan melalui Pemilu yang bebas,” ucap Sisi. Pemilu Presiden Mesir sendiri, rencananya akan digelar enam bulan lagi.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5605 seconds (0.1#10.140)