NSA sadap telepon mantan Kanselir Jerman

Rabu, 05 Februari 2014 - 09:33 WIB
NSA sadap telepon mantan Kanselir Jerman
NSA sadap telepon mantan Kanselir Jerman
A A A
Sindonews.com - National Security Agency (NSA) atau Badan Keamanan Nasional Amerika Serikat (AS) menyadap telepon mantan Kanselir Jerman, Gerhard Schroder. Penyadapan itu dilakukan, karena Schroder mengkritik kebijakan perang AS terhadap Irak.

NSA menyadap telepon Schroder sejak tahun 2002. Demikian laporan media Jerman yang mengutip para pejabat Pemerintah AS yang diwawancarai dalam kondisi anonim. Sumber itu disebut media Jerman sebagai “orang dalam NSA”.

Dalam laporan media Jerman tersebut, NSA disebut tidak hanya mengoleksi data Schroder, tapi juga mengoleksi semua pembicaraan mantan pemimpin Jerman tersebut.

Mantan rektor yang memimpin Jerman dari 1998 hingga 2005 itu memang dikenal berseberangan pandangan dengan AS pada tahun 2002. Di mana, Schroder tidak memberikan dukungan, baik pasukan maupun dana untuk invasi ke Irak.

Sementara itu, Schroder mengatakan kepada wartawan, bahwa dia tidak kaget dengan laporan penyadapan NSA terhadap dirinya.”Pada saat itu, saya tidak berpikir NSA akan menguping pembicaraan saya, tapi itu tidak mengagetkan saya sekarang,” ujarnya, seperti dikutip Xinhua, Rabu (5/2/2014).
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5992 seconds (0.1#10.140)