Arab Saudi akan penjarakan warganya yang berperang di luar negeri

Selasa, 04 Februari 2014 - 01:16 WIB
Arab Saudi akan penjarakan warganya yang berperang di luar negeri
Arab Saudi akan penjarakan warganya yang berperang di luar negeri
A A A
Sindonews.com – Pemerintah Kerajaan Arab Saudi menyiapkan hukuman penjara 3 hingga 20 tahun bagi setiap warga negaranya yang terlibat dalam konflik di luar negeri. Demikian terungkap dalam sebuah dekrit kerajaan yang dikeluarkan pada Senin (3/2/2014).

Seperti dilaporkan Reuters, dekrit ini adalah sebuah langkah nyata untuk mencegah warga Arab Saudi bergabung dengan pemberontak di Suriah dan kemudian memunculkan risiko keamanan saati mereka kembali ke rumah.

Sebelumnya, otoritas agama Islam Arab Saudi telah mengeluarkan pernyataan menentang bergabungnya setiap warga Arab Saudi dengan militan Islam yang terlibat dalam perang sipil di Suriah. Namun, Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi memperkirakan, ada sekitar 1.200 waga negara mereka yang telah bergabung dalam perang Suriah.

Keputusan tersebut menggarisbawahi kekhawatiran tentang pemuda Arab Saudi yang terlibat dalam perlawanan menentang rezim Presiden Suriah Bashar al-Assad. Hal ini sebelumnya juga pernah terjadi dalam perang Afghanistan dan Irak.

Mayor Jenderal Mansour Turki, juru bicara keamanan Arab Saudi, kepada Reuters mengatakan, bahwa 200-300 warga Arab Saudi telah kembali dari Suriah dan akan dimasukkan melalui program rehabilitasi kerajaan.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6971 seconds (0.1#10.140)