Demonstran Bangkok kepung gedung penyimpan kertas pemilu

Jum'at, 31 Januari 2014 - 18:52 WIB
Demonstran Bangkok kepung gedung penyimpan kertas pemilu
Demonstran Bangkok kepung gedung penyimpan kertas pemilu
A A A
Sindonews.com - Pengunjuk rasa anti - pemerintah Thailand mengepung gedung untuk menyimpan surat suara pemilu pada Jumat (31/1/2014). Padahal, pemilu akan digelar dua hari lagi, yakni pada 2 Februari 2014.

Setidaknya satu gedung penyimpan surat suara pemilu di Bangkok telah dikepung. Kondisi yang sama juga terjadi di beberapa gedung di Thailand selatan. Tindakan itu untuk mencegah distribusi surat suara pemilu.

Para demonstran pro-oposisi yang ingin menggulingkan Perdana Menteri Yingluck Shinawatra, sejak awal sudah menentang opsi pemilu dini. Mereka menghendaki pembentukan “Dewan Rakyat” untuk menggantikan pemerintah yang sekaligus untuk mengawasi jalannya pemilu.

Yingluck sudah menetapkan pemilu digelar 2 Februari 2014 sebagai jawaban atas maraknya demonstrasi yang menentang pemerintahannya.

Pemimpin demonstran, Suthep Thaugsuban,sebelumnya mengatakan, demonstran tidak akan menghalangi warga yang ingin menggunakan hak pilihnya dalam pemilu. ”Mereka yang ingin memilih silakan pergi dan memilih,” katanya kemarin, seperti dikutip BBC, Jumat (31/1/2014). “Kami tidak akan menghalangi Anda. Kami tidak ingin Anda berbalik dan mengatakan kami melanggar hak-hak Anda.”

Meskipun demikian, demonstran tetap mengepung bangunan untuk penyimpanan kertas suara. Mereka berupaya mencegah distribusi kertas suara ke tempat pengumutan suara (TPS).
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6369 seconds (0.1#10.140)