Bangkok diambang berstatus darurat

Senin, 20 Januari 2014 - 17:50 WIB
Bangkok diambang berstatus darurat
Bangkok diambang berstatus darurat
A A A
Sindonews.com – Kepala Dewan Keamanan Nasional Thailand, Paradorn Pattantabutr, mengatakan, status darurat siap diberlakukan untuk Bangkok, setelah dilanda demonstrasi yang berujung pada kericuhan.

Menurutnya, sudah lebih dari dua bulan massa pro-oposisi mencoba untuk menggulingkan pemerintahan Perdana Menteri Yingluck Shinawatra. Selama itu pula, situasi Bangkok tidak menentu.

”Kami siap untuk menggunakan dekrit darurat yang melibatkan semua orang termasuk polisi, militer dan pemerintah. Mengingat opsi ini sangat serius , tapi (opsi) itu belum dicapai kesepakatan,” kata Paradorn setelah menggelar pertemuan dengan Yingluck, seperti dikutip Reuters, Senin (20/1/2014).

”Para pengunjuk rasa mengatakan. mereka akan menutup sejumlah kantor pemerintah. Sejauh ini , penutupan secara simbolis telah mereka lakukan, namun sesaat lalu mereka pergi,” lanjut dia.

”Tapi kalau taktik mereka berubah dan mereka menutup bank atau kantor-kantor pemerintah secara permanen, dan berpeluang untuk memicu kerusuhan, kami akan harus meminta (opsi) hukum ini,” imbuh Paradorn.

Keputusan penetapan status darurat, juga untuk memberikan mandate kepada badan-badan keamanan untuk memberlakukan jam malam, menahan tersangka tanpa tuduhan, menyensor media, melarang pertemuan politik lebih dari lima orang dan menyatakan bagian kelompok terlarang.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3453 seconds (0.1#10.140)