Bos FBI: Snowden bukan whistleblower

Jum'at, 10 Januari 2014 - 10:41 WIB
Bos FBI: Snowden bukan whistleblower
Bos FBI: Snowden bukan whistleblower
A A A
Sindonews.com - Direktur FBI, James Comey, mengatakan, Edward Joseph Snowden yang membocorkan penyadapan global National Security Agency (NSA) Amerika Serikat, bukan whistleblower ataupun pahlawan.

Kepala Investigasi Kriminal dan Intelijen Federal AS itu, juga menepis seruan pemberian grasi atau ampunan untuk Snowden yang disuarakan New York Times dan Guardian.

“Saya kesulitan menerapkan label whistleblower untuk seseorang yang tidak setuju dengan cara pemerintah kita, secara terstruktur,” katanya, seperti dikutip AFP, Jumat (10/1/2014).

Snowden telah mengguncang dunia, dengan membocorkan dokumen penyadapan global NSA. Bocoran Snowden itu, telah memicu kemarahan sejumlah kepala negara terhadap pemerintah AS.

Meski tidak menyebutkan bukti detail, Comey tetap minta mantan kontraktor NSA itu didakwa dengan Undang-Undang Spionase.”Label whistleblower sangat penting,” katanya.

“Saya berjuang untuk memahami bagaimana Anda dapat menerapkan label pahlawan ataupun whistleblower untuk orang ini, ini membingungkan saya,” lanjut dia.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4077 seconds (0.1#10.140)