Suami dieksekusi, bibi Jong-un dikabarkan meninggal misterius

Selasa, 07 Januari 2014 - 11:48 WIB
Suami dieksekusi, bibi Jong-un dikabarkan meninggal misterius
Suami dieksekusi, bibi Jong-un dikabarkan meninggal misterius
A A A
Sindonews.com – Setelah Jang Song Thaek-- paman Kim Jong-un, pemimpin Korea Utara (Korut)--, tewas dieksekusi, istrinya dikabarkan juga meninggal kurang dari sebulan usai suaminya dieksekusi.

Kim Kyong-hui, 67, bibi Jong-un itu, diberitakan meninggal secara misterius. Media Korut menyebut, istri Jang itu meninggal karena serangan jantung. Kim dilaporkan menerima pengobatan untuk penyakit jantungnya, setelah suaminya tewas dieksekusi.

Koran Korea Selatan (Korsel), Chosunilbo, yang mengklaim bersumber dari intelijen Korut, melaporkan, Kim sudah dipastikan meninggal, namun penyebab meninggalnya bibi Jong-un itu, masih misterius. Muncul spekulasi, dia meninggal saat berobat di luar negeri.

Kim terakhir kali terlihat di depan publik, saat menyaksikan konser bersama Jong-un dan istrinya, pada 10 September 2013. Nasib Kim mulai dipertanyakan, ketika dia tidak hadir saat peringatan kematian mantan pemimpin Korut, Kim Jong-Il (ayah Jong-un).

Namun, sumber lain menyebut, Kim mengalami kecanduan alkohol, sejak putrinya, Jang Kum-song, bunuh diri di Paris tahun 2006 silam.

Toshimitsu Shigemura, seorang profesor di Universitas Waseda, Tokyo, dan pakar politik untuk Korut, seperti dikutip Daily Telegraph, kemarin, mengaku tidak terkejut dengan kabar kematian Kim. Sebab, dia mengetahui sakit yang dialami bibi Jong-un itu sudah lama.

“Tidak ada yang bisa melawan dia (Jong-un) dan dia bisa memaksa partai dan militer untuk mematuhi perintahnya dengan meminjam nama besar ayahnya,” ujar Shigemura.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4218 seconds (0.1#10.140)